Pengumuman Jadwal Seleksi SKD CPNS Kemenag Tahun 2024, Cek PDF Disini

(Foto Pengumuman Pelaksanaan SKD CPNS Kemenag 2024 dari Instagram)

Kementerian Agama Republik Indonesia, atau Kemenag RI, adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bertanggung jawab atas urusan keagamaan. Kemenag didirikan pada 3 Januari 1946 dan merupakan hasil dari usulan pembentukan kementerian khusus untuk mengurus masalah agama, yang disampaikan oleh tokoh-tokoh Islam pada masa awal kemerdekaan Indonesia.

Usulan untuk mendirikan Kementerian Agama pertama kali diajukan pada 11 November 1945 oleh beberapa anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Kementerian ini dibentuk untuk mengambil alih tugas-tugas keagamaan yang sebelumnya ditangani oleh beberapa kementerian lain, seperti Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kehakiman13. Haji Mohammad Rasjidi diangkat sebagai Menteri Agama pertama.

Tugas dan Fungsi

Kemenag memiliki berbagai tugas dan fungsi, antara lain:

  • Perumusan Kebijakan: Menetapkan kebijakan di bidang bimbingan masyarakat untuk berbagai agama, termasuk Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu.
  • Penyelenggaraan Haji dan Umrah: Mengatur pelaksanaan ibadah haji dan umrah bagi umat Muslim.
  • Pendidikan Agama: Mengelola pendidikan agama di sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya.
  • Pengawasan: Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas di lingkungan kementerian

PDF Jadwal Seleksi SKD CPNS Kementrian Agama Tahun 2024, Cek Disini

Informasi peserta pelaksanaan SKD CPNS Kemenag Tahun 2024 dapat diakses melalui link berikut: https://kemenag.go.id/informasi/pengumuman-pelaksanan-seleksi-kompetensi-dasar--skd--calon-pegawai-negeri-sipil--cpns--kementerian-agama-republik-indonesia-tahun-anggaran-2024

Alternatif dapat diakses melalui link berikut: GOOGLE DRIVE

Jika sulit diakses karena terlalu banyak yang akses, berikut link alternatif lainnya, cek disini : GOOGLE DRIVE 2

Next Post Previous Post