Mengenal Google Gemini AI: Cara Menggunakan dan Fasilitas Gratis yang tersedia

 

(Foto Halaman Aplikasi Google Gemini dari gemini.google.com)
Dalam persaingan chatbot AI, Google Gemini (sebelumnya Bard) telah mencoba bersaing dengan ChatGPT milik OpenAI dan Copilot milik Microsoft. Meskipun ketiga chatbot tersebut bekerja dengan cara yang sama, Gemini menawarkan beberapa keunggulan tersendiri. 

Dengan Gemini, Anda dapat mengucapkan pertanyaan alih-alih mengetiknya dan mendengar respons yang diucapkan dengan lantang. Berikan lokasi Anda, dan Gemini akan mengarahkan Anda ke tempat dan acara terdekat. Minta Gemini untuk menulis konten, dan Gemini akan memberikan beberapa draf teks yang berbeda.

Dikenal sebagai Gemini 1.0 Pro, versi gratisnya ditujukan untuk tugas-tugas dasar, seperti menjawab pertanyaan, meringkas teks, menerjemahkan bahasa, dan membuat kode sederhana. Versi gratisnya hanya dapat mengingat sejumlah informasi terbatas dari obrolan sebelumnya tetapi dapat berinteraksi dengan aplikasi dan layanan Google lainnya.

Gemini Advanced, edisi berbayar, hanya tersedia dengan langganan Google One AI seharga $20 per bulan. Dilengkapi dengan kemampuan yang lebih canggih, Gemini Advanced menawarkan pembuatan dan debugging kode tingkat lanjut, terjemahan bahasa berkualitas lebih tinggi, dan jenis pembuatan konten yang lebih kreatif, seperti puisi dan skrip. Versi ini juga memiliki jendela konteks yang lebih besar sehingga dapat mengingat lebih banyak informasi dari obrolan sebelumnya dan lebih memahami percakapan yang kompleks.

Cara Mengakses Google Gemini Terbaru Oktober 2024


Untuk memulai dengan versi gratis, kunjungi situs web Gemini yaitu https://gemini.google.com dan masuk dengan akun Google Anda jika Anda belum masuk.

 Untuk mencoba versi berbayar, buka halaman pendaftaran Gemini Advanced. Klik Coba selama satu bulan, tanpa biaya, lalu tombol Mulai uji coba. Anda akan diminta untuk memberikan metode pembayaran untuk memulai setelah uji coba 30 hari berakhir. 

Anda dapat membayar langganan Google One AI melalui Akun Google Anda dengan kartu kredit atau debit, PayPal, atau Cash App Pay.

Jika Anda memiliki langganan berbayar, Anda dapat beralih antara Gemini Pro dan Gemini Advanced dengan mengeklik nama di bagian atas layar.

Setelah akun Anda ditetapkan, layar obrolan Gemini menyarankan beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan jika Anda belum memiliki pertanyaan sendiri. Pilih salah satu contoh pertanyaan dan tunggu responsnya. 
Next Post Previous Post