Kurs Dolar-Rupiah Hari Ini, Bank BCA, Senin 21 Oktober 2024, Dolar pada Rupiah Senilai Rp 15.440

 

(Foto Kurs Dolar-Rupiah dari Google Finansial)
Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menguat pada awal perdagangan pasar spot, Senin (21/10/2024). Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 09.11 WIB, rupiah berada pada level Rp 15.457 per dollar AS, menguat 0,15 persen dibandingkan penutupan pekan lalu yang berada di level Rp 15.481 per dollar AS. Pengamat Pasar Uang sekaligus Direktur PT Laba Forexindo Berjangka, 

Ibrahim Assuaibi, menyatakan bahwa data penjualan ritel Amerika Serikat (AS) lebih kuat dari yang diperkirakan. Selain itu, klaim pengangguran mingguan yang turun menunjukkan adanya kekuatan di pasar tenaga kerja.

Pembacaan tersebut memperkuat gagasan bahwa bank sentral AS, Federal Reserve (The Fed), akan memangkas suku bunga dengan margin yang lebih kecil dalam beberapa bulan mendatang.

Dari dalam negeri, keputusan Presiden RI Prabowo Subianto untuk kembali menempatkan Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan di kabinet barunya, dengan dukungan tiga wakil menteri, dinilai sebagai langkah yang realistis dan bijaksana. 

(Foto Kurs Dolar-Rupiah dari Bank BCA)
Pengangkatan Sri Mulyani merupakan upaya strategis agar tim ekonomi kabinet baru dapat segera bekerja, mengingat pengalamannya selama hampir dua periode kepresidenan sebelumnya yang memungkinkan dia untuk meneruskan pekerjaan yang belum terselesaikan. “Untuk perdagangan hari ini, mata uang rupiah fluktuatif, tetapi ditutup menguat di rentang Rp 15.380-Rp 15.500,” 

kata Ibrahim. Sementara itu, mengacu pada kurs tengah Jisdor, nilai tukar rupiah pada Jumat (18/10/2024) berada di level Rp 15.466 per dollar AS, menguat dibandingkan Kamis (17/10/2024) yang berada di level Rp 15.516 per dollar AS. 

Adapun kurs di bank-bank besar di Indonesia, seperti di BRI, kurs jual dipatok pada Rp 15.462 per dollar AS. Kurs jual berarti pihak bank menjual dollar AS pada posisi ini.

Next Post Previous Post