12 Oktober Memperingati Hari Apa? Ada Hari Museum Nasional

(Foto oleh bari paramarta dari iStockphoto)
Jatuh bertepatan dengan hari Sabtu pada pekan kedua bulan Oktober, tanggal 12 Oktober memiliki beragam momen penting yang dapat dirayakan setiap tahunnya. Terkhusus di Indonesia, tanggal 12 Oktober 2024 bisa dirayakan berbeda-beda di setiap daerahnya.

Tanggal ini memang dapat terbilang cukup unik di Indonesia. Karena selain bertepatan dengan perayaan peringatan Hari Museum Nasional, tanggal 12 Oktober pun bertepatan dengan hari jadi wilayah resmi yang ada di Indonesia.

Hari Museum Nasional

Setiap tahunnya, tanggal 12 Oktober dirayakan sebagai Hari Museum Nasional. Dalam sejarahnya, berdasarkan catatan di laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), dituliskan bahwa Hari Museum Nasional ditetapkan berdasarkan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang diselenggarakan pada tanggal 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta.

Pada musyawarah tersebut, lahir 10 resolusi terkait permuseuman di Indonesia. di antaranya membahas mengenai betapa pentingnya undang-undang tentang permuseuman, resolusi penambahan jumlah museum yang ada di Indonesia, hingga resolusi menjadikan museum sebagai alat penggalangan persahabatan.

Next Post Previous Post