Tanggal 5 Juli 2024 Memperingati Apa? Ada Hari Bank Indonesia

(Foto halaman website dari Bank Indonesia)

Tanggal 5 Juli 2024 jatuh pada hari Jumat berdasarkan penanggalan Masehi. Pada hari ini, terdapat sejumlah momen penting dan menarik yang diperingati.

Lantas, tanggal 5 Juli memperingati hari apa saja?

Di Indonesia tanggal 5 Juli diperingati sebagai Hari Bank Indonesia. Sementara di berbagai belahan dunia lain tercatat ada Hari Peringatan Hewan Peliharaan, Hari Kemerdekaan Venezuela, dan Hari Comic Sans.

Hari Bank Indonesia

Tanggal 5 Juli diperingati sebagai Hari Bank Indonesia setiap tahunnya. Peringatan tersebut menjadi momen untuk mengenang sejarah panjang bank di Indonesia.

Dikutip dari situs Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Indonesia (BNI), bank pertama yang berdiri di Nusantara adalah Bank van Courant pada tahun 1746. Bank ini bertugas untuk memberikan pinjaman dengan jaminan barang yang kemudian disempurnakan menjadi De Bank van Courant en Bank van Leening.

Namun pada tahun 1818, bank tersebut akhirnya tutup karena terjadi krisis keuangan. Kemudian tahun 1828 dibentuk lagi De Javasche Bank (DJB) yang menjadi cikal bakal Bank Indonesia.

DJB menjadi bank sirkulasi pertama di Asia yang berwenang mencetak dan mengedarkan uang Gulden di Hindia Belanda. Namun, DJB dilikuidasi pada tahun 1942 saat Jepang menguasai Indonesia.

Peran DJB sebagai bank sirkulasi diambil alih oleh Nanpo Kaihatsu Ginko (NKG). Setelah kemerdekaan Indonesia, Belanda melalui Netherlands Indies Civil Administration (NICA) mendirikan kembali DJB untuk mencetak dan mengedarkan uang NICA yang tujuannya untuk mengacaukan ekonomi Indonesia.

Lalu pada tahun 1946, pemerintah Indonesia mendirikan bank sirkulasi pertama dengan nama Bank Negara Indonesia (BNI). Pendirian BNI ini ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 tahun 1946 tanggal 5 Juli 1946.

Sebagai upaya menegakkan kedaulatan ekonomi, BNI menerbitkan uang dengan nama Oeang Republik Indonesia (ORI). Kemudian, pada tahun 1951, muncul desakan kuat untuk mendirikan bank sentral di Indonesia.

Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk membentuk Panitia Nasionalisasi DJB. Proses nasionalisasi dilakukan melalui pembelian saham DJB oleh pemerintah, dengan besaran mencapai 97%.

Akhirnya, pada 1 Juli 1953, Bank Indonesia diakui secara resmi dan mendapatkan mandat sebagai bank sentral. Hal ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1953 tentang Pokok Bank Indonesia yang menggantikan DJB Wet Tahun 1922.

Hingga saat ini BI masih terus beroperasi dan menjalankan fungsinya untuk memelihara kestabilan nilai rupiah melalui pengelolaan bidang moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan.

Tanggal 5 Juli diperingati sebagai Hari Bank Indonesia sendiri merujuk pada tanggal berdirinya Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai bank sirkulasi pertama di Indonesia. Pada tahun 2024 ini, peringatan Hari Bank Indonesia telah memasuki perayaan ke-71 tahun.

Hari Peringatan Hewan Peliharaan

Di Britania Raya, tanggal 5 Juli ditandai sebagai Hari Peringatan Hewan Peliharaan. Peringatan tersebut bertujuan untuk memperingati hewan peliharaan yang telah meninggal.

Dilansir dari laman National Today, kepemilikan hewan peliharaan menjadi elemen budaya borjuis dengan munculnya kelas menengah pada abad ke-19. Pada akhir abad ke-19, pemeliharaan dan perawatan hewan peliharaan telah berkembang menjadi industri besar di sebagian besar Eropa dan Amerika Serikat.

Hewan peliharaan menjadi elemen penting dalam kehidupan sosial ekonomi manusia. Selain sebagai teman, mereka juga memberikan manfaat ekonomi bagi pemiliknya serta kesenangan melalui acara hewan peliharaan, acara TV, film, dan media sosial.

Hari Peringatan Hewan Peliharaan diciptakan oleh Majalah Hewan Peliharaan dan Lars Anderson, pendiri Arty Lobster (perusahaan percetakan 3D). Pada momen spesial ini, pemilik hewan peliharaan berkumpul dan berbagi kenangan indah tentang hewan peliharaan mereka yang telah meninggal.

Hari Kemerdekaan Venezuela

Tanggal 5 Juli menjadi salah satu hari bersejarah bagi masyarakat Venezuela. Pasalnya, tanggal ini ditandai sebagai Hari Kemerdekaan Venezuela.

Masih dari National Today, peringatan hari kemerdekaan ini menjadi momen untuk mengenang perjuangan rakyat Venezuela sebagai pemimpin perlawanan rakyat dalam gerakan melawan kekuasaan Spanyol.

Melansir dari laman National Today, tanggal 5 Juli menandai peristiwa yang terjadi pada tanggal 5 Juli 1811. Saat itu, delegasi dari Kongres Konstituante Nasional Pertama secara resmi menyatakan kemerdekaan Venezuela dari Spanyol.

Deklarasi tersebut lalu disahkan oleh Kongres pada tanggal 7 Juli dan diberi kekuatan hukum penuh dalam sebuah dekrit yang dikeluarkan pada tanggal 8 Juli oleh Presiden Triumvirat Eksekutif, Cristobal Mendoza.

Kemudian deklarasi tersebut dipresentasikan kepada publik di Caracas dan dibacakan di tempat yang sekarang disebut Lapangan Bolivar pada tanggal 14 Juli 1811.

Next Post Previous Post