Kurs Dolar-Rupiah Hari Ini, Bank BCA, Jumat 14 Juni 2024, 1 Dolar Masih Stabil Rp 16.285

(Foto Kurs Dolar-Rupiah dari Google Finansial)
Dolar AS hari ini mengalami penguatan. Rupiah mengalami tekanan. Dikutip dari data RTI, Jumat (14/6/2024) dolar AS berada di level tertinggi Rp 16.374 dan terendah Rp 16.347.

Menanggapi hal tersebut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menjelaskan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ini mengalami depresiasi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan negara yang lainnya.

"Rupiah (nilai tukar rupiah terhadap dolar AS) Rp 16.300 tolong dilihat dari akhir tahun kemarin dan tolong dibandingkan dengan negara lain, sangat lebih rendah dibandingkan dengan Korea Selatan, bandingkan dengan Peso Filipina, Baht Thailand, Yen Jepang. Depresiasi kita termasuk rendah," kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2024).

(Foto Kurs Dolar-Rupiah melalui laman Bank BCA)
Perry menjelaskan saat ini rupiah merupakan salah satu mata uang yang terbaik di dunia. Menurut dia rupiah adalah mata uang yang stabil karena bank sentral terus melakukan langkah stabilisasi nilai tukar supaya yang dilakukan seperti intervensi, penarikan portofolio asing ke dalam negeri hingga penarikan devisa hasil ekspor (DHE) sumber daya alam (SDA) berjalan baik.

Dari data RTI pergerakan dolar AS terhadap mata uang Asia lainnya juga kompak menguat. Mata uang Paman Sam menekan yuan China hingga dolar Singapura.

Pergerakan dolar AS terhadap yuan China naik 0,04% ke level 7,2. Nilai tukar dolar AS terhadap yen Jepang juga bertambah 0,41% ke 157.

Terakhir, pergerakan dolar AS terhadap dolar Singapura menguat 0,05% ke 1,3.


Next Post Previous Post