Harga Internet Starlink di Indonesia, Mulai Rp750 Ribu Per Bulan

(Foto halaman website dari Starlink)

Layanan internet satelit milik Elon Musk, Starlink, mulai menawarkan paket internet rumahan seharga Rp750 ribu per bulan. 

Hal ini berdasarkan penelusuran Okezone di situs resmi Starlink, Sabtu (6/4/2024). Redaksi mengisi lokasi layanan di kawasan Jakarta Selatan, Jakarta, lalu mengklik order now. Kemudian muncul harga layanan Starlink per bulannya yakni Rp750 ribu. 

Selain harga bulanan itu, ada pula biaya deposit mencapai Rp750 ribu. Ada pula harga perangkat layanan Starlink sebesar Rp7,8 juta. Selain itu, ada biaya pengiriman Rp345 ribu. 

Namun, di laman itu tidak tertera berapa kecepatan internet Starlink di Indonesia.  

Sebelumnya, Starlink  mengajukan perizinan operasional di Indonesia. Space X telah mengajukan perizinan sebagai penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan Internet Service Provider (ISP) kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menkominfo Budi Arie Setiadi menekankan Starlink harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk memenuhi syarat beroperasi di Indonesia. Dalam waktu dekat, Starlink akan melakukan uji coba di Ibu Kota Negara (IKN).  

Harga langganan Starlink di Indonesia


di laman resminya Starlink Service Plan, Starlink sudah merinci harga langganan paket "standar" unlimited seharga Rp 750.000 per bulan. Pelanggan juga harus membayar biaya senilai Rp 7.800.000 untuk perangkat keras.

Starlink tidak merinci berapa kecepatan internet yang ditawarkannya untuk pelanggan pribadi. Namun, di kategori bisnis, Starlink merinci bahwa kecepatan unduhan mencapai 40 Mbps hingga lebih dari 220 Mbps. Kecepatan unggahannya mencapai 8 Mbps hingga lebih dari 25 Mbps. Latensinya mencapai 20 milidetik sampai 60 milidetik. 

Next Post Previous Post