Spesifikasi ROG Strix Scar 16, Laptop Gaming Ultra Powerful Terbaru

(Foto Produk Laptop Asus ROG Strix Scar 16 oleh Molly Flores)

ASUS ROG Strix Scar 16 hadir untuk memenuhi ekspektasi para gamer yang menginginkan laptop gaming dengan layar 16 inci dan tenaga yang kuat. Dukungan Intel terbaru dan Nvidia membuat laptop ini mampu menggeser pesaing, tidak hanya dengan tampilan yang menawan, tapi juga kinerja ultrapowerful. Kamu mungkin tidak bepergian dengan laptop ini setiap hari, namun untuk urusan portabilitas, kamu bisa mendapatkannya dari ROG Strix Scar 16.


Spesifikasi dan Fitur Ultra Powerful ROG Strix Scar 16


(Foto Produk Laptop Asus ROG Strix Scar 16 oleh Molly Flores)
Laptop gaming dengan CPU Intel generasi ke-13 terbaru dan GPU seri RTX 40 Nvidia akhirnya masuk pasar Indonesia. ASUS membawa seluruh jajaran ROG dengan prosesor dan GPU terbaru di tahun 2023 ini. Berikut ini ulasan lengkap spesifikasi dan fitur yang tersemat pada ROG Strix SCAR 16.

  1. Desain dan Pencahayaan

(Foto Produk Laptop Asus ROG Strix Scar 16 oleh Molly Flores)


ROG Strix Edisi SCAR dikenal dengan desainnya yang khas, yaitu dikelilingi dengan pencahayaan RGB. Terdapat pencahayaan RGB di tepi depan, tepi belakang, logo ROG di bagian tutupnya, dan pencahayaan RGB per tombol untuk keyboard. Seluruh pencahayaan dikontrol melalui software Armoury Crate. ASUS juga memiliki sejumlah animasi bawaan saat laptop menyala, saat dalam mode tidur, dan sebagainya.

Selain itu, terdapat pula grafis dan teks di seluruh bagian luar laptop, termasuk panel bawah laptop, menambah kesan edgy-gamer pada laptop tersebut. Tak ketinggalan seperti seri Scar sebelumnya, terdapat tutup Armor yang dapat dilepas di tepi kiri atas laptop. ASUS menggabungkan dua penutup pelindung dan juga memungkinkan pengguna mencetak 3D sendiri untuk lapisan penyesuaian tambahan.


  1. Display dan Audio

(Foto Produk Laptop Asus ROG Strix Scar 16 oleh Molly Flores)

Fitur display mengusung layar LED Mini ROG Nebula HDR 16 inci 16:10 QHD+ dengan kecepatan refresh maksimum 240Hz dan waktu respon 3ms yang bagus untuk bermain game paling menuntut atau aplikasi pekerjaan kreatif. Panel layar memiliki resolusi 2560x1600 untuk menampilkan warna yang menakjubkan dengan cakupan 100% DCI-P3. Fitur lainnya termasuk Validasi Pantone, dukungan NVIDIA G-Sync, Dolby Vision HDR dan lapisan Anti-Glare yang mendukung display laptop gaming terbaik di pasaran saat ini. Penggunaan teknologi Mini-LED memungkinkan visual yang indah dalam game dan kontras yang menakjubkan. 

Untuk speaker audio, tersedia 2 tweeter dan 2 subwoofer yang mengarah ke bawah yang mendukung Dolby Atmos dan streaming audio resolusi tinggi. Speaker keras dengan jumlah bass yang bagus dan vokal yang jernih. Tersedia juga Peredam Kebisingan AI Dua Arah yang bekerja cukup baik.


  1. Performa 

(Foto Test Performa Laptop Asus ROG Strix Scar 16 oleh Molly Flores)


Fitur performanya merupakan keunggulan ROG Strix SCAR 16. Ditenagai oleh CPU generasi ke-13 Intel Core i9-13980HX dan GPU Nvidia GeForce RTX 4080 dengan memori GDDR6 12 GB. Dukungan performa semakin terdepan dengan RAM DDR5 4800Mhz sebesar 32GB dan untuk penyimpanannya memiliki SSD M.2 PCI-e Gen4x4 1TB.

Intel Core i9-13980HX adalah prosesor hebat dengan desain 24-core dan 32-thread, serta konfigurasi TDP CPU pada maksimum 65W. RTX 4080 juga sangat bertenaga dengan TDP maksimum 175W dan frekuensi boost maksimum 2090MHz. Tersedia juga saklar MUX bawaan yang dapat meningkatkan kinerja lebih jauh lagi dengan menghubungkan GPU secara langsung ke layar.


  1. Sistem Pendingin

(Foto Produk Laptop Asus ROG Strix Scar 16 oleh Molly Flores)


ASUS telah memperbarui desain termal SCAR 16 dengan menghadirkan tiga kipas dengan 7 pipa panas dan logam cair Conductonaut Extreme pada CPU dan GPU. Laptop memiliki ventilasi di sekeliling tepinya, dan Kipas Arc Flow yang diperbarui menggerakkan banyak udara untuk mendinginkan laptop. Saat dikonfigurasikan ke mode Turbo, kipas bisa menjadi sangat keras, namun pada saat yang sama performanya tidak pernah menurun. Di bawah beban bermain game, sistem termal bekerja efektif dan laptop dapat melakukan peningkatan kinerja dalam jangka waktu yang lama. 


  1. Keyboard 


(Foto Produk Laptop Asus ROG Strix Scar 16 oleh Molly Flores)

Keyboard ROG Strix Scar 16 menghadirkan tombol-tombol yang dapat dipindahkan dengan baik untuk akurasi pengetikan. Penggunaan tombol untuk bermain game juga meningkatkan pengalaman dengan bagian bawah keyboard yang terasa lembut. ASUS juga menambahkan satu set kontrol media khusus di sisi kiri dek keyboard yang memudahkan kamu saat menggunakan laptop gaming ini dengan pencahayaan RGB di setiap tombol dapat disesuaikan. 


  1. Konektivitas

(Foto Produk Laptop Asus ROG Strix Scar 16 oleh Molly Flores)


Strix SCAR 16 dilengkapi dengan sederet port seperti 2 buah port USB 3.2 Gen2 Type-A di sisi kanan. Di sisi kiri terdapat audio combo jack, port HDMI 2.1, port USB Type-C yang langsung disambungkan ke GPU Nvidia, port daya, satu port USB Type-C dengan dukungan Thunderbolt 4, LAN 2.5G Jack RJ-45 dan port input DC. Fitur konektivitas dilengkapi dengan WiFi 6E dan Bluetooth 5.3 untuk menghubungkan ke jaringan dan periferal.


  1. Baterai

(Foto Performa Baterai Laptop Asus ROG Strix Scar 16 oleh Molly Flores)



Laptop ini dilengkapi dengan baterai 4-cell Li-Ion berkapasitas 90 WHrs. kamu bisa melakukan pengisian daya 0-50% dalam waktu kurang dari 1 jam. Saat bekerja dengan aplikasi pengeditan foto dan video serta beberapa penggunaan Chrome, laptop mampu bertahan lebih dari 5 jam tanpa harus mendekati stop kontak sepanjang penggunaan. 


ROG Strix SCAR 16 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 65 jutaan. Harga yang layak untuk kinerja ultrapowerful dan sistem pendingin yang luar biasa, desain khas dengan banyak penyesuaian pencahayaan RGB, serta kualitas layar brilian. Nilai laptop gaming ini meningkat pesat dengan dukungan performa GPU seri RTX 40 dan CPU Intel Generasi ke-13. Jika kamu menginginkan pengalaman gaming meningkat ke level yang lebih tinggi, pertimbangkan Strix SCAR 16 yang sangat kompetitif ini.
Next Post Previous Post